Tips Mengatasi Sakit pada Gusi Setelah Cabut Gigi

10.40
Guna merawat kesehatan gigi, sudah sewajarnya Anda melakukan pemeriksaan atau perawatan gigi ke dokter secara rutin. Saat gigi mengalami sakit, entah apapun itu penyebabnya, biasanya banyak yang memilih menyabut gigi tersebut agar keluhannya tidak kambuh lagi. 

agar luka bekas cabut gigi cepat sembuh, resep obat setelah cabut gigi, gigi sudah dicabut tapi masih sakit
Tips Mengatasi Sakit pada Gusi Setelah Cabut Gigi
Namun nyatanya, mencabut gigi seringkali tidak serta merta membuat keluhan gigi sembuh. Tak sedikit yang justru menderita gusi bengkak setelah gigi dicabut. Nah, agar tak terjadi demikian, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar tidak terjadi sakit pada gusi setelah proses cabut gigi. 

Agar Luka Bekas Cabut Gigi Lekas Sembuh

Setelah gigi dicabut, biasanya akan ada bagian rongga bekas gigi yang terluka, khususnya di sekitar gigi yang dicabut. Agar luka bekas cabut gigi lekas sembuh, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, di antaranya sebagai berikut:

1. Memberi gumpalan kapas dan menekannya pada rongga bekas cabut gigi 
Setelah gigi dicabut, Anda dapat mengambil segumpal kapas dan memasukkannya ke dalam rongga bekas gigi yang dicabut tersebut. Selanjutnya, tekanlah gumpalan kapas tersebut dengan cara menggigitnya selama kurang lebih 1 jam. Hal ini dilakukan agar darah yang dikeluarkan tidak terlalu banyak setelah gigi dicabut. Dengan menggigit gumpalan kapas tersebut, secara otomatis akan menutup pembuluh darah kapiler di sekitar rongga bekas gigi yang dicabut.

Setelah sekitar 1 jam rongga bekas cabut gigi tersebut disumpal, akan terbentuk bekuan darah pada permukaan paling luar dari luka. Kemudian, secara bertahap akan terbentuk jaringan-jaringan baru yang akan menutup rongga bekas cabut gigi. Proses ini biasanya terjadi hingga 1 bulan. Selama proses penyembuhan tersebut, Anda tidak disarankan untuk terlalu sering berkumur, meludah, ataupun menghisap-hisap ludah di daerah luka tersebut. Kalau Anda melakukannya, akan mengakibatkan bekuan darah terlepas dan terjadi pendarahan lagi pada gusi.

2. Tidak menyikat gigi di daerah bekas luka cabut gigi
Jika ada luka setelah gigi dicabut, maka bukan berarti Anda tidak boleh menggosok gigi hingga luka tersebut sembuh. Anda masih boleh menggosok gigi, namun harus dilakukan secara hati-hati. Jangan menyikat daerah bekas luka cabut gigi. Hal tersebut dapat mengakibatkan bekuan darah terlepas dan terjadi pendarahan pada gusi.

Setelah menyikat gigi, berkumurlah secara perlahan. Jangan berkumur dengan mengocok-ngocokkan air yang ada di dalam mulut. Namun, keluarkanlah air saat berkumur dengan cara menundukkan kepala dan biarkan air tersebut keluar dengan sendirinya tanpa perlu Anda semprotkan keluar.


3. Hindari mencungkil rongga bekas cabut gigi
Jika ada sisa makanan yang menyangkut di rongga bekas cabut gigi, maka Anda jangan mencungkilnya dengan benda apapun. Hal tersebut dikarenakan alat yang Anda gunakan untuk mencungkil sisa makanan tersebut belum tentu terjaga kebersihannya.

Gigi Sudah Dicabut Tapi Masih Sakit

Tidak jarang orang yang mengalami sakit gigi meskipun gigi sudah dicabut. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Pertama, yakni adanya luka besar yang ditimbulkan pasca cabut gigi. Faktor lainnya yang biasa terjadi yaitu karena adanya infeksi akibat gagalnya proses pembekuan darah di sekitar rongga bekas gigi yang dicabut. 

Berkumur menggunakan air garam dapat menjadi salah satu langkah tepat untuk mengatasi gigi sudah dicabut tapi masih sakit. Namun sebaiknya, sebelum 10 jam pasca cabut gigi, Anda tidak boleh berkumur terlebih dahulu. Hal tersebut dapat menyebabkan lepasnya bekuan darah di sekitar rongga bekas cabut gigi bahkan terjadi infeksi.

Untuk membantu proses penyembuhan dan agar tidak terjadi sakit pada gusi setelah proses cabut gigi, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari setelah gigi selesai dicabut, yaitu:
1. Merokok
2. Memakan makanan yang panas dan pedas
3. Mengunyah menggunakan gigi pada sisi yang sama dengan gigi yang dicabut
4. Meminum minuman menggunakan sedotan

Resep Obat Setelah Cabut Gigi

Bagi Anda yang mengalami sakit atau nyeri setelah gigi dicabut, berikut ini ada beberapa resep obat setelah cabut gigi yang dapat Anda coba:

1. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh dapat mengurangi nyeri yang ditimbukan setelah cabut gigi karena memiliki sifat analgesi dan anestesi. Mengobati sakit setelah cabut gigi menggunakan minyak cengkeh dapat dilakukan dengan mencelupkan kapas ke dalam minyak cengkeh. Kemudian, masukkan kapas yang telah dicelup ke dalam minyak cengkeh tersebut  ke bagian rongga bekas cabut gigi selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, lepaskanlah kapas keluar dan bilaslah mulut Anda menggunakan air hangat. Lakukan cara serupa hingga beberapa kali tiap harinya.

2. Air Garam Hangat
Kombinasi antara air hangat dan garam dapat mencegah terjadinya nyeri setelah cabut gigi. Air hangat dapat mengatasi sakit dan pembengkakan gusi, sedangkan garam berfungsi mencegah terjadinya infeksi. Anda dapat menggunakan air garam hangat ini untuk berkumur.
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berkumur menggunakna ar garam hangat setelah mencabut gigi dapat menghindari terjadinya ekstraksi gigi. Dalam penelitian ini pula disarankan untuk berkumur menggunakan air garam selama 2 kali dalam sehari bagi mereka yang baru saja mencabut gigi.

Untuk membuat larutan air garam hangat ini sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat. Selanjutnya, aduk garam agar terlarut dalam air hangat. Kemudian, barulah larutan tersebut dapat Anda gunakan untuk  berkumur selama 2-3 kali sehari. Ingat, Anda harus berhati-hati dalam berkumur. Berkumurlah secara lembut.

3. Kunyit
Kunyit dapat menredakan nyeri dan sakit yang ditimbulkan akibat cabut gigi. Hal tersebut dikarenakan kunyit merupakan tanaman herbal yang bersifat analgesik dan anti-inflamasi. Kunyit juga dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka akibat cabut gigi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan kunyit sebagai obat setelah cabut gigi? Pertama, Anda perlu menyiapkann kunyit yang sudah berbentuk bubuk. Kemudian, campurkanlah setengah sendok teh bubuk kunyit dam sedikit air hingga terbentuk pasta kunyit. Setelah itu, oleskanlah pasta kunyit ke bagian yang luka atau terasa nyeri setelah cabut gigi. Biarkan pasta tersebut menempel selama kurang lebih 20 menit. Langkah berikutnya yaitu berkumur menggunakan air hangat. Lakukan pengobatan ini selama 2-3 kali tiap harinya hingga rasa nyeri atau sakit yang ditimbulkan setelah cabut gigi menjadi hilang.

Pengobatan menggunakan kunyit ini juga dapat Anda lakukan dengan cara lain, yaitu dengan berkumur. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Lalu, gunakanlah air kunyit yang hangat tersebut untuk berkumur. Bermumurlah menggunakan air kunyit tersebut selama beberapa kali hingga hilang rasa nyeri akibat cabut gigi. 

Itulah beberapa cara agar tidak sakit pada gusi setelah cabut gigi. Mencabut gigi merupakan solusi untuk mengobati gigi yang sakit, namun agar tidak memicu terjadinya pembengkakan pada gusi, maka idealnya terapkan tips diatas setelah cabut gigi.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔