Obat Gusi Bengkak

08.58
Obat Gusi Bengkak - Pernah merasakan sakit gusi bengkak? Hmm, bagi yang belum seoga jangan deh. Karena rasanya sungguh menyiksa, higga tak jarang kalau pas lagi sakit-sakitnya, sampai meleleh air mata. Nah, kebayangkan gimana sakitnya?
Obat Gusi Bengkak, penyebab, untuk anak 2 tahun, karena tumbuh gigi
Penyebab dan Obat Gusi Bengkak di Apotik untuk Anak 2 Tahun
Seperti yang kita tahu, gusi merupakan jaringan kokoh yang identik dengan warna merah atau tepatnya pink,  dengan banyak pembuluh darah, dengan ukuran kecil dan rapat. Gusi ini membungkus tulang rahang kita, baik itu rahang atas maupun bawah, selain itu gusi juga menempel pada bagian bawah gigi, sehingga tak heran apa yang terjadi di gigi bisa berdampak pada gusi kita.

Nah, kembali ke masalah gusi bengkak, yang mana pada kondisi ini gusi tersebut terjadi peradangan/inflamasi sehingga berubah lebih merah dari kondisi normalnya, atau lebih menonjol/bengkak,. Dan tak jarang hinggga sampai berwarna kekuningan diujungnya (jika terdapat nanah).
Baca Juga : Obat Ampuh Mengatasi Radang Gusi secara Alami
Lantas apa yang menjadi penyebab gusi bengkak?
Banyak hal yang menjadi penyebab gusi menjadi bengkak. Dan bisanya pengobatan yang dilakukan, akan lebih efektif jika kita mengetahui jenis penyebabnya. Nah, berikut beberapa sebab yang menjadi pemicu dari gigi bengkak tersebut?

1. Kekurangan vitamin
Ini menjadi penyebab gusi bengkak yang sering terjadi. Pada seseorang dengan kondisi kurang vitamin, terutama vitamin B serta C, bisa menyebabkan kondisi gusi bengkak. Terutama untuk seseorang dengan tingkat imun rendah. Atau sedang menderita penyakit tertentu terkait masalah imun.

Seperti yang kita tahu, vitamin terutama vitamin C, memainkan peran penting dalam menjaga serta memelihara perbaikan gigi dan gusi. Jika sampai kadar vitamin tersebut turun terlalu rendah, maka sangat mungkin salah satu efeknya adalah muncul sariawan dan gusi bengkak.

2. Gingivitis atau radang gusi
Nah, penyebab gusi bengkak selanjutnya adalah karena adanya radang gusi atau gingivitis.  Radang gusi ini merupakan keluhan pada gusi yang  menyebabkan gusi iritasi serta dalam kondisi yang cukup parah, menjadi bengkak. Sebenarnya kondisi gingivitis ini cukup sering terjadi, namun karena masih kategori ringan, jadi tidak begitu disadari. Baru setelah kondisinya parah, dan terjadi pembengkakan, si penderita baru menyadarinya.

Untuk menghidari terjadinya gingivitis atau radang gusi, idealnya kita harus disiplin dalam menjaga kebersihan mulut. Karena biasanya pemicu utama radang gusi adalah penumpukan plak pada perbatasan antara gusi dengan gigi. Buat yang belum tahu, plak ialah lapisan yang terdiri dari bakteri serta partikel makanan yang biasanya menempel di gigi.

3. Karena kehamilan
Seperti yang kita tahu, keluhan gusi bengkak ini sering terjadi pada orang hamil. Dan ternyata, pemicunya ialah kondisi hormon yang dimiliki selama kehamilan. Dimana biasanya hal tersebut memicu peningkatan aliran darah di gusi. Dan peningkatan aliran darah tersebut menjadi pemicu gusi menjadi iritasi, yang kemudian menyebabkan gusi bengkak.

Dan bukan itu saja, perubahan hormonal tersebut juga bisa menghambat kemampuan tubuh dalam melawan bakteri yang menjadi pemicu infeksi gusi.

4. Inveksi
Nah, penyebab gusi bengkak berikutnya ialah karena adanya infeksi. Infeksi ini biasanya disebabkan jamur serta virus, yang kemudian virus tersebut berpotensi memicu gusi bengkak. Untuk itu, jika Anda mempunyai riwayat herpes, sebaiknya segera di obati ke dokter, karena virus yang menjadi pemicu herpes, sangat mungkin menimbulkan gusi bengkak atau sariawan.

5. Karena iritasi
Nah pemicu karang gigi selanjutnya ialah reaksi alergi pada bahan yang terkandung didalam pasta gigi, obat-obatan, makanan atau mungkin bisa juga dari penggunaan kawat gigi. Dimana beberapa hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya iritasi dengan gejala yang ditimbulkan berupa kemerahan serta pembengkakan pada jaringan gusi. Dan sayangnya, kebanyakan penderita baru menyadari telah mengalami gusi bengkak setelah dalam kondisi yang cukup parah.

6. Sisa makanan yang menumpuk
Seperti yang kita tahu, berbagai jenis makanan yang masuk masuk pada  bawah gusi atau yang melekat pada gigi dan sela-selanya, seringkali sulit untuk di hilangkan. Salah satu contohnya yang sering terjebak pada bawah gusi adalah popcorn serta serat daging, khususnya untuk daging dengan tekstur alot. Biasanya setelah satu atau tiga hari, setelah sisa makanan terselip, terjadilah pembengkakan pada gusi.

7. Karena perbaikan gigi dengan  cara yang tidak tepat
Kondisi  gigi yang renggang karena mungkin disebabkan faktor usia, yang kemudian diperbaiki dengan cara yang tidak tepat, bisa memicu sisa-sisa makanan masuk dan terjebak pada sela-sela gigi. Dan seringkali, sisa-sisa makanan yang terjebak tersebut, sulit dibersihkan hingga lama-kelamaan dapat membuat infeksi. Selain itu, penggunaan gigi palsu yang tidak tepat juga memicu timbulnya iritasi yang lama-kelamaan berpotensi memicu luka atau bengkak di gusi.

8. Karena pengaruh  obat-obatan
Nah, bila  sudah sangat baik dalam merawat kesehatan gigi namun masih mengalami keluhan gusi bengkak, maka tak ada salahnya mencurigai obat yang selama Anda konsumsi sebagai pemicu gusi bengkak. Karena faktanya, beberapa obat seperti misalnya obat penurun tekanan darah tinggi dan sejenisnya bisa memacu pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi hingga kemudian muncul pembengkakan.

9. Leukimia
Kondisi cusi bengkak, serta mudah berdarah merupakan salah satu gejala yang ditimbulokan penyakit leukemia. Hal ini dikarenakan banyaknya sel darah putih muda yang menginfiltrasi gusi. Dan biasanya Masalah ini biasanya terjadi berulang dengan disertai gejala lain, seperti misal penurunan berat badan, sering muntah, dan juga mudah lelah. Dan hal lain selain leukimia, kondisi gusi bengkak juga dapat disebabkan karena efek samping yang ditimbulkan penderita penyakit tertentu yang menjalani kemoterapi.

10. Karena gigi tumbuh
Nah penyabab gusi bengkak yang lain, adalah karena tumbuh gigi. Tumbuh gigi tentunya merupakan fase/proses alami yang dialami setiap semua orang, yang umumnya di mulai sejak umur 6 bulan hingga munculnya gigi geraham bungsu pada usia dewasa. Namun tak semua orang merasakan sakit pada saat proses pertumbuhan gigi ini. Jadi hanya sebagian saja yang mengalaminya.

Dan biasanya keluhan sakit yang dialami masih dalam ambang wajar.  Namun jika sampai berkelanjutan, diatas 5 hari belum ada tanda-tanda membaik, maka ada baiknya segera memeperiksa ke dokter. Sebab tak selamanya proses tumbuh gigi berjalan dengan normal dan baik. Ada kalanya, gigi yang tumbuh dalam posisi yang kurang tepat.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan gusi bengkak. Dan tentunya obat gusi bengkak yang di pakai harus sesuai dengan pemicu dan kondisi penderitanya. Nah, untuk dibawah ini, kami akan bagikan beberapa jenis obat generik yang di jual bebas di apotik yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak.
Baca Juga : Obat Gusi Bengkak Tradisional Karena Gigi Berlubang dan Panas Dalam
Obat Gusi Bengkak di Apotik 
Sebenarnya banyak sekali jenis obat gusi bengkak dan obat sakit gigi yang tersedia di apotik  atau toko obat. Namun dari sekian banyak merk yang ada, beberapa nama di bawah ini yang cukup populer dan sering digunakan.

1. Ponstan
Dari sekian banyak merk obat gigi yang ada, bisa dibilang Ponstan yang paling populer. Ponstan merupaka salah satu obat sakit gigi yang dijual bebas di apotik, yang mendapat banyak testimoni positif penggunannya. Dalam obat ini terkandung  Asam Mefenamat sekitar 250 mg/kapsul. Asam Mefenamat ini selain ampuh mengatasi keluhan sakit gigi, juga ampuh dalam mengobati gusi bengkak.

2. Antalgin
Nah, obat selanjutnya yang terbukti ampuh dalam mengatasi gusi bengkak ialah obat Antalgin.  Obat yang satu ini, juga tak kalah populer dari ponstan.  Berbagai macam keluhan di mulut, mulai dari sakit gigi hingga gusi bengkak bisa disembuhkan setelah mengkonsumsi obat ini. Obat ini  memiliki efek anti nyeri yang cukup kuat, bahkan lebih kuat dibanding beberapa jenis obat gigi kebanyakan. Untuk itu, dalam mengkonsumsi obat ini, sebaiknya mendapat pengawasan dari dokter.

3. Mefinal
Selanjutnya ialah mefinal. Obat ini juga salah satu obat yang ampuh untuk gusi bengkak. Karena di dalam obat ini terkandung Asam Mefenamat yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri, radang, serta menurunkan keluhan demam.

4. Super Green Plus SG
Pernah mendengar obat ini? Bagi yang belum pernah merasakan sakit gigi mungkin belum familiar dengan namanya. Namun bagi sebagian orang yang langganan sakit gigi, pastinya Obat Super Green Plus SG sudah tak asing lagi.

Obat ini dibuat dari berbagai jenis bahan berkhasiat, yang mana fungsinya sebagai pembersih bakteri serta berbagai kuman yang ada dalam gigi. Sedikit berbeda dengan obat sakit gigi lainnya yang bentuknya kapsul, obat gusi bengkak ini hadir dalam bentuk cair yang bisa langsung di teteskan di gusi yang sedang mengalami pembengkakan.

5. Cataflam
Obat gusi bengkak selanjutnya yang banyak digunakan ialah Cataflam. Kandungan Diclofenat  yang ada pada cataflam merupakan salah satu jenis analgetik yang berfungsi mengurangi rasa nyeri atau ngilu.

6.  Parasetamol
Pastinya semua sudah tak asing dengan nama obat ini. Ya, parasetamol merupakan salah satu  obat penurun panas yang sekaligus juga manjur dalam mengatasi keluhan gusi bengkak yang diakibatkan gigi berlubang ataupun karena proses tumbuh gigi. Dan tentunya obat parasetamol ini aman untuk di konsumsi anak – anak, karena biasanya dokter akan meresepkan obat ini sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Selain itu, paracetamol juga bisa kita dapatan dengan mudah di apotik atau toko obat, tanpa harus menggunakan resep dokter. Beberapa merek dipasaran, diantaranya biogesic sirup, panadol sirup, parasetamol sirup dan lainnya bisa kita dapatkan dengan mudah di hampir semua toko obat di Indonesia.

Walaupun penggunaan obat-obatan diatas, terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak, namun tentunya tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan, karena obat ini terbuat dari bahan kimia.  Untuk itu, pastikan anda membaca dulu aturan pakainya dan konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.
Untuk menambah wawasan anda dan sebagai bahan pertimbangan, sebelum anda memutuskan mengkonsumsi obat gusi bengkak di apotik, khususnya yang berbahan kimia,  sebaiknya ketahui terlebih dulu kekurangan dan kelebihannya berikut ini.  

Kelebihan obat gusi bengkak di apotik
·         Reaksi cepat dalam menghilangkan rasa sakit yang timbul
Salah satu kelebihan obat sakit gigi atau obat gusi bengkak berbahan kimia ialah reaksinya cepat. Biasanya beberapa menit setelah meminumnya, rasa sakit segera sembuh. Terlebih untuk obat sakit gigi yang dosisnya tinggi.

·         Praktis
Alasan lain kenapa banyak yang memilih obat gusi bengkak yang dijual di apotik, adalah karena praktis. Bisa dibawa kemana-mana, kapanpun keluhan sakit menyerang tinggal meminumnya.

·         Mudah didapat
Selanjutnya, alasan kenapa banyak yang memilih obat berbahan kimia, karena mudah didapat. Tak hanya di apotik saja, bahkan di warung-warung penjual sembakopun  banyak tersedia.

Kekurangan obat gusi bengkak di apotik
·         Beberapa jenis obat hanya menghilangkan rasa sakit dan tidak menyembuhkan sampai akar penyakitnya. Jad, setelah diminum dan rasa sakitnya hilang, beberapa jam kemudian sakit lagi, dan harus minum obat lagi supaya rasa sakitnya berkurang.
·         Harga obat sakit gigi  atau obat gusi bengkak dari bahan kimia, terlebih yang diresepkan dokter, biasanya mahal.
·         Seperti kebanyakan obat berbahan kimia lainnya, ada efek samping yang ditimbulkan, terutama bila dikonsumsi secara terus menerus.
·         Biasanya tidak efektif untuk melawan kondisi yang sudah kronis, jadi dokter akan melakukan tindakan lebih lanjut sesuai kondisinya.

·         Bersifat destruktif terhadap kerja organ tubuh lain, semisal hati, jantung atau ginjal.
Nah, itu dia diatas beragam obat dipasaran yang saat ini banyak digunakan untuk mengatasi keluhan sakit gigi dan gusi bengkak. Idealnya, gunakan atau konsumsi obat-obatan diatas secara bijak dan jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Terlebih untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit kronis, semisal hati atau ginjal, sangat dianjurkan konsultasi terlebih dulu pada dokter anda sebelum meminuma obat-obatan diatas.

Jika diatas adalah obat gusi bengkak untuk orang dewasa, lantas bagaimana dengan anak-anak? Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya.

Obat gusi bengkak pada anak
Keluhan gusi bengkak bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja. Bahkan anak-anak pun berpotensi mengalami keluhan ini. Dan dalam hal ini justru si kecil yang sering mengalaminya, karena proses tumbuhnya gigi.

Biasanya pada usia diatas 6 bulan, adalah saat sang buah hati sedang mengalami pertumbuhan gigi. Tanda-tanda yang bisa kita lihat dari proses tumbuh gigi tersebut adalah gusinya yang terlihat membengkak serta kemerahan, malas jika disuruh makan, sering rewel tanpa sebab, pipinya bersemu merah, sering keluar air liur, tidur susah, suka menggigit/mengisap apapun yang didepannya dan tak jarang hingga mengalami  demam.

Nah, bagi kita sebagai orang tua pastinya tak rega bukan membiarkan si kecil yang merasakan hal tersebut, untuk itu berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan guna meringankan sakitnya. Nah, cara apa yang bisa dilakukan?

Cara mengobati gusi bengkak pada anak dibawah 2 tahun
Apabila si Kecil terus rewel, silahkan diberikan paracetamol atau ibuprofen. Dan akan lebih bagus lagi jika sebelumnya telah mendapat izin dari dokter.

Cara berikutnya ialah dengan melakukan penekanan. Pertama -tama bersihkan dulu jari anda, kemudian tekan dengan ringan gusi yang bengkak pada sang buah hati. Ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit pada gusi yang dialaminya. Atau bisa juga dengan menggunakan kain kasa yang telah di basahi air dingin. Kemudian, Kompres pada gusi yang bengkak tersebut. Atau cara lainnya bisa dengan menggigitkan sendok atau gigitan bayi yang terlebih dulu telah didinginkan.

Apabila sang buah hati, sudah bisa mengonsumsi asupan padat, maka makanan seperti pisang, ketimun, wortel, dan lainnya (jenis makanan yang bisa digerogoti), bisa diberikan pada sikecil untuk digigit guna meringankan rasa sakit. Tapi didinginkan dulu ya dalam kulkas. Dan hati-hati jangan sampai buah hati anda tersedak.

Dan perlu diketahui, selain karena sedang tumbuh gigi, keluhan gusi bengkak pada segala usia, bisa juga disebabkan oleh penyakit gusi, gigi yang rusak, gigi berlubang, infeksi bakteri, dan juga infeksi virus herpes. Nah, untuk kasus-kasus tersebut,  sangat disarankan untuk segera diperiksakan ke  dokter gigi guna mendapat penanganan yang tepat dan segera.

Untuk itu sangat penting melakukan pencegahan, supaya buah hati kita bisa terhindar dari kondisi tersebut. Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan.
  • Rutin membersihkan gigi serta lidah si kecil.
  • Jangan pernah bosa mengingatkan anak guna menggosok gigi , minimal dua kali dalam sehari.
  • Ajari buah hati kita untuk rajin cuci tangan.
  • Upayakan buah hati kita beristirahat dengan optimal.
  • Sebaiknya jangan beri makanan/minuman yang terlalu panas, pedas, asin, ataupun asam.
  • Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi, secara berkala
  • Pakailah sikat gigi dengan bulu yang lembut
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium alami.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Dan yang tentunya sangat penting, ialah pergi ke dokter gigi paling minim enam bulan sekali guna melakukan pemeriksaan serta perawatan rutin.

Obat gusi bengkak pada  anak usia 2  tahun ke atas
Nah, untuk anak yang usianya diatas 2 tahun, tentu perlakuannya sedikit berbeda dengan  saat masih bayi. Dan berikut adalah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak pada anak diatas 2 tahun.

1. Berkumur menggunakan campuran air garam hangat.
Cara pertama yang dilakukan sebagai obat gusi bengkak pada anak adalah dengan memberinya air garam hangat. Caranya, air hangat 1 gelas kecil dicampur dengan 1 sendok garam, kemudian diaduk serta di buat kumur. Cara ini terbilang efektif meringankan pembengkakan pada gusi. Dan hal ini dikarenakan kandungan air dan garam bisa menjadi antiseptik yang cukup ampuh dalam membasmi bakteri penyebab gusi bengkak. Idealnya gunakanl berkumur minimal 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisinya.

2. Berkumur-Kumur dengan air daun sirih
Cara selanjutnya yang terbukti cukup efektif dalam mengobati gusi bengkak ialah dengan larutan air garam hangat, serta  daun sirih. Campuran garam dan daun sirih tersebut berkhasiat meringankan pembengkakan pada gusi, jika dibuat berkumur secara rutin.

3. Berkumurlah menggunakan air lemon
Cara ini juga bisa dipraktekkan guna menyembuhkan keluhan gusi bengkak pada anak. Caranya, peras 1 buah lemon ke dalam 1 gelas kecil larutan air hangat. Kemudian buatlah berkumur-kumur 2-5 kali sehari.

4. Penekanan dengan cottin buds pada gusi
Cara ini hampir sama dengan perlakuan pada bayi yang mengalami gusi bengkak. Adapun caranya ialah, dengan melakukan pemijatan menggunakan cotton buds pada bagian gusi yang bengkak secara merata dan melingkar. Hal ini dilakukan guna melancarkan peredaran darah dalam gusi.
Baca Juga : Cara Agar Gusi Tetap Sehat
Yang tentunya harus dipahami, gusi bengkak pada bayi tak perlu  dikhawatirkan, karena keluhan tersebut adalah hal yang wajar. Jadi  sebagai orang tua anda tak perlu khawatir berlebihan.
Nah, itu dia di atas ulasan terkait penyakit gusi bengkak, mulai dari obat gusi bengkak, penyebabnya dan hal-hal terkait lainnya. Semoga bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔