Obat Ampuh Mengatasi Radang Gusi secara Alami

10.30
Radang gusi adalah penyakit yang wajib Anda waspadai. Selain menyebabkan berbagai ketidaknyamanan di mulut, ternyata penyakit radang gusi yang tak segera mendapatkan penanganan yang tepat akan memicu munculnya berbagai masalah lainnya, dan tak jarang menjadi penyakit yang serius. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda simak ulasan tentang penyakit radang gusi dan hal-hal yang terkait dengan keluhan tersebut.

Obat radang gusi , Ciri ciri radang gusi, Radang gusi kronis, mengobati radang gusi secara alami
Obat Ampuh Mengatasi Radang Gusi secara Alami

Ciri-Ciri Radang Gusi

Radang gusi atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah Gingivitis adalah sebuah kondisi dimana terjadi inflamasi atau peradangan pada gusi Anda. gejala-gejala atau ciri-ciri radang gusi yang dialami oleh penderita diantaranya adalah :

Gusi bengkak
Warna gusi berubah menjadi merah tua.
Gusi mudah berdarah (misalnya saat menyikat gigi).
Bau mulut
Gusi berubah menjadi mengerut.

Walaupun gusi menjadi sering berdarah dan bengkak, tapi radang gusi jarang menimbulkan rasa sakit. Karena itulah tak banyak orang yang menganggap radang gusi ini adalah penyakit yang serius. 

Penyakit radang gusi atau gingivitis biasanya disebabkan oleh kondisi kesehatan mulut yang buruk. Orang yang kurang merawat kesehatan mulutnya, biasanya akan beerpotensi memiliki plak atau karang gigi. Plak ini terbentuk di antara bagian gigi yang berbatasan dengan gusi. Plak dan karang gigi ini ternyata mengandung banyak bakteri yang mampu menginfeksi gusi. 

Radang gusi pada tahap awal biasanya hanya ditandai dengan gejala membengkaknya gusi, kemudian bisa disertai dengan adanya tonjolan berwarna putih pada puncak bengkak yang menandakan sudah munculnya nanah. Setelah itu, penderita bisa mengalami rasa nyeri dan sedikit gatal pada bagian yang terinfeksi. 

Selain disebabkan oleh bakteri pada karang gigi, radang gusi juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain misalnya saja leukimia dan penyakit wegner. Radang gusi juga bisa terjadi sebagai resiko penyakit diabetes, HIV AIDS, perubahan hormonal saat masa kehamilan, pubertas, pada masa terapi steroid, pemakaian obat-obatan pada pasien darah tinggi, dan juga pada pasien yang baru menjalani transplantasi organ. 

Penanganan Keluhan Radang Gusi Kronis

Radang gusi yang masih pada tahap awal memang sering diabaikaan dan hanya dianggap sebagai masalah sementara pada gusi. Padahal radang gusi gingivitis yang tidak diobati dengan baik justru akan menyebabkan radang gusi kronis yang disebut dengan periodontitis. 

Periodintis adalah kondisi radang gigi dimana terjadi inflamasi pda jaringan pengikat di dalam gusi dengan tulang sekitar gigi. Jika radang gusi periodintis ini dibiarkan, maka besar kemungkinan akan menyebabkan tanggalnya gigi Anda. Kondisi periodintis adalah penyakit yang sangat serius dan harus mendapatkan penanganan secepatnya dari dokter gigi. 

Pada tahap radang gusi kronis, Anda bisa mengalami pembesaran pada jaringan gusi atau yang disebut sebagai hiperplasia. Pada kondisi ini, jaringan ikat gigi dan tulang (periodontium) bisa rusak ataupun terjadi abses (bernanah) dan disebut sebagai gingital abses. 

Gusi yang telah mengalami gingital abses terus menerus tanpa mendapatkan perawatan yang tepat bisa menyebabkan kerusakan pada periodontium dan gigi yang menjadi goyang. Jika radang gusi kronis ini terus berlanjut, bisa jadi Anda akan mengalami kerusakan tulang penyangga gigi. Jika kondisi ini berlanjut semakin parah, maka Anda kemungkinan bisa mengalami gigi tanggal sebelum waktunya. 

Radang gusi kronis yang menyebabkan tanggalnya gigi ini dikenal dengan istilah Acut Necrotizing Ulcerative Gingivitis (ANUG). Penyakit ini bisa menyebabkan menipisnya ketebalan tulang rahang. Penyakit ini ternyata bisa menjalar lebih cepat pada kelompok orang yang merokok. 

Cara Pencegahan Radang Gusi

Walaupun semua orang bisa terserang radang gusi, tapi ada beberapa kelompok orang yang lebih rentan terhadap penyakit radang gusi ini, siapa saja ?

1. Perokok dan Pemakai Tembakau dalam Bentuk Lain. Orang-orang yang merokok ataupun mengkonsumsi tembakau dalam bentuk lain ternyata memiliki resiko yang lebih besar terserang radang gusi. 

2. Ukuran Gigi Palsu yang Tidak Pas. pada kondisi ini pengguna gigi palsu yang ukurannya tidak pas bisa membuat gusi terluka dan menyebabkan munculnya radang gusi. 

3. Kekurangan Nutrisi. Orang yang kekurangan vitamin B dan C kronis rentan sekali mengalami penyakit radang gusi. Vitamin C utamanya sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan gusi dan mulut Anda. 

4. Infeksi Jamur dan Virus Tertentu.

5. Penggunaan Obat-Obatan Terlarang (Narkoba). 

Jika Anda tidak ingin mengalami radang gusi, baik yang ringan maupun yang parah, maka ada beberapa hal yang wajib dilakukan seperti :

Menyikat gigi 2kali sehari yaitu waktu setelah sarapan dan sebelum tidur.
Mengganti sikat gigi secara teratur minimal 12 minggu sekali.
Menggunakan obat kumur yang mengandung formula anti bakteri. 
Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi khusus dan menghindari menggunakan tusuk gigi dalam kondisi apapun. 
Tidak merokok dan menggunakan tembakau. 

Mengobati Radang Gusi Secara Alami

Jika radang gusi yang Anda alami masih termasuk dalam kategori ringan dan bukan radang gusi kronis, maka Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk menyembuhkannya. Bahan ini sangat mudah Anda dapatkan dan diracik sebagai obat radang gusi alami, misalnya seperti :

1. Garam

Larutkan 1 sendok makan garam halus ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur secara teratur minimal 2 kali sehari hingga radang gusi yang Anda derita sembuh. Garam memiliki kandungn anti bakteri yang sangat ampuh mengobati radang gusi. 

2. Jeruk Nipis

Peras 1 buah jeruk nipis, kemudian larutkan perasan tersebut ke dalam 1 gelas air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan larutan ini untuk berkumur 2 kali sehari secara teratur. Selain itu, Anda bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai minuman hangat untuk menambah asupan vitamin C ke tubuh. 

3. Minyak Cengkeh

Anda bisa menemukan minyak cengkeh murni di toko-toko obat herbal. Minyak cengkeh mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh bakteri penyebab radang gusi. Untuk menggunakan bahan ini, Anda cukup meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas bersih dan mengoleskannya pada gusi yang bengkak. 

4. Daun Sirih

Daun sirih sudah lama dikenal sebagai bahan antiseptik alami pembunuh kuman. Anda bisa merebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja, kemudian tambahkan 1 sendok makan garam. Kemudian setelah dingin Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk berkumur. Lakukan secara teratur hingga radang gusi Anda sembuh. 

5. Daun Selada

Daun selada memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. untuk mengobati radang gusi, kukuslah segenggam daun selada kemudian blender hingga halus, minumlah jus daun selada ini secara teratur untuk mengobati radang gusi. 

6. Wortel 

Worte memiliki kandungan vitamin E yang sangat bagus untuk tubuh. Selain itu ternyata wortel memiliki manfaat untuk mengobati radang gusi Anda. Cara untuk membuat ramuan obat radang gusi pun sangat mudah. Anda tinggal mengukus wortel dan ditambah daun peterseli. Setelah matang kemudian blender hingga halus dan minum secara teratur. 

Itulah diatas ulasan tentang cara mengobati radang gusi secara alami,  dan hal-hal yang terkait dengan penyakit tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔