Obat Gusi Bengkak Tradisional Karena Gigi Berlubang dan Panas Dalam

10.35
Selama ini masih banyak orang yang menyepelekan penyakit yang timbul pada gigi dan mulut selama belum menimbulkan rasa sakit. Padahal, apa yang terjadi di mulut merupakan indikasi dan bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius bagi tubuh di kemudian hari. 
Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang, Gusi bengkak akibat panas dalam
Obat Gusi Bengkak Tradisional Karena Gigi Berlubang dan Panas Dalam
Salah satu masalah yang sering dialami oleh mulut adalah gusi bengkak. Penyakit ini bisa saja disebabkan oleh gigi berlubang dan lain sebagainya. Lalu bagaimana sebaiknya kita mengobatinya? Ada banyak cara untuk mengobatinya, selain dengan pergi ke dokter gigi, ada baiknya Anda mencoba beberapa resep obat gusi bengkak tradisional. 

Gusi yang bengkak berarti terjadi peradangan di area tersebut. Karena peradangan inilah bagian gusi yang bengkak berubah warna menjadi merah daripada area lainnya di dalam mulut. Kadang pula gusi bengkak berubah warna dari merah menjadi kekuningan di ujungnya. Ini menandakan bahwa di dalam jaringan yang bengkak tersebut sudah terbentuk nanah. 

Bagaimanapun bentuknya, tentunya keluhan gusi bengkak ini bisa membuat tidak nyaman dan sangat menyiksa penderitanya. Biasanya gusi akan menjadi sangat sensitif, timbul rasa sakit yang luar biasa, kadang gusi juga bisa pecah dan berdarah. Pada tahap yang lebih serius, gusi bengkak juga menjalar menyebabkan pembengkakan di area pipi. 

Banyak yang menjadi penyebab timbulnya gusi bengkak. Salah satunya yang sering terjadi adalah dikarenakan gigi yang berlubang. Nah, jika anda mengalami keluhan tersebut, berikut ini telah kami rangkum beberapa cara untuk mengobatinya.  

Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Gigi berlubang menjadi penyebab umum dari  keluhan radang gusi. Saat gigi berlubang tak kunjung mendapatkan perawatan yang tepat dari ahlinya (dokter gigi), maka besar kemungkinan bakteri yang menyerang gigi Anda juga bisa sampai ke gusi. Biasanya kondisi ini terjadi ketika lubang pada gigi sudah sampai ke akarnya. 

Bakteri yang sampai ke akar gigi akan menyerang gusi dan membuat gusi terinfeksi. Nah kejadian inilah yang memicu terjadinya gusi bengkak. Dan jika kondisi ini terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobatinya, berikut penjelasan lengkapnya :

1. Berobat ke Dokter Gigi

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang yang pertama, tentunya adalah dengan memeriksakannya ke dokter gigi. Dokter akan memeriksa kondisi gigi dan gusi Anda secara menyeluruh. Memeriksa seberapa rusak gigi yang berlubang dan seberapa parah infeksi yang terjadi pada gusi Anda. 

Di tahap awal, dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri dan antibiotik untuk mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak yang Anda derita. Setelah gigi berhenti sakit dan gusi sudah tak lagi bengkak, Anda bisa kembali ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi yang berlubang. Langkah ini penting untuk mencegah kejadian radang gusi kambuh kembali. Jika gigi berlubang sudah cukup parah bahkan sampai ke akarnya, biasanya opsi terakhir adalah mencabutnya. 

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang yang berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan mulut Anda. Sebaiknya lakukan perawatan rutin dengan :

Menyikat gigi 2 kali sekali yaitu setelah makan dan sebelum tidur. 
Berkumur dengan cairan pembersih mulut.
Menghindari rokok dan alkohol.
Mengurangi asupan makanan dan minuman manis. 

Cara Mengobati Gusi Bengkak Akibat Panas Dalam

Selain disebabkan oleh gangguan kesehatan mulut dan gigi, gusi bengkak ternyata juga bisa disebabkan oleh panas dalam. Makan makanan yang terlalu pedas, berminyak, panas, dan beralkohol ternyata rentan membuat Anda mengalami pana dalam. Kondisi ini tak hanya bisa membuat Anda mengalami luka di bagian bibir dan lidah, tapi sariawan juga bisa saja muncul di area gusi. Awalnya gusi akan membengkak dan jika semakin parah maka akan muncul luka infeksi seperti sariawan di bagian gusi. 

Jika kondisi ini terjadi, mungkin Anda bisa mencoba meminum larutan penyegar untuk mengobati panas dalam dan sariawan. Jika masih belum sembuh juga, maka sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Obat Gusi Bengkak Tradisional

Apapun penyebabnya, kita tentunya ingin segera sembuh dari gusi bengkak yang sedang diderita. Jika Anda takut menggunakan berbagai obat pereda nyeri dan antibiotik yang bisa beresiko buruk bagi tubuh, ada baiknya Anda mencoba menggunakan obat gusi bengkak tradisional dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti yang kami sebutkan berikut ini :

1. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dikenal bisa mengobati berbagai penyakit pada mulut. Bawang putih juga bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Cara membuat ramuan obat gusi bengkak tradisional dengan bawang putih adalah :

Ambil satu siung bawang putih dan kemudian kupas bersih.
Haluskan bawang putih dan tambahkan garam.
Oleskan campuran ini ke area gusi yang sedang bengkak dan diamkan selama 5 menit agar sifat antiseptik pada bawang putih dan garam bekerja dengan baik. 

2. Garam

Garam memang memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh berbagai bakteri jahat penyebab gusi bengkak akibat panas dalam atupun gigi berlubang. Untuk membuat ramuan inipun sangat mudah. Anda cukup melarutakan sekitar 1 sendok makan garam halus ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian berkumurlah dengan larutan garam ini secara rutin sampai gusi bengkaknya sembuh.

3. Baking Soda

Baking soda beersifat antibakteri dan mampu membersihkan plak pada gigi. Anda bisa menggunakan pasta baking soda untuk menyikat gigi. Kandungan baking soda ini akan membuat gigi sehat dan terbebas dari masalah gusi bengkak.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh bersifat menenangkan, menghangatkan, dan memiliki kandungan antiseptik pembunuh bakteri. Anda yang sedang mengalami gusi bengkak akibat panas dalam dan gigi berlubang bisa menggunakan minyak cengkeh. Caranya adalah :

Untuk gusi bengkak karena sariawan, Anda cukup meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh ke kapas, kemudian oleskan secara perlahan ke area gusi yang bengkak. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang dengan minyak cengkeh cukup mudah. Teteskan minyak cengkeh ke kapas dan oleskan pada area gusi yang bengkak. Anda juga bisa meneteskan minyak cengkeh ke bagian gigi yang berlubang untuk membunuh bakterinya. 

5. Air Lemon

Kandungan vitamin C dalam air lemon bisa membunuh bakteri dan menjadi obat gusi bengkak tradisional yang ampuh. anda cukup mencampurkan perasan lemon dengan 1 gelas air hangat. Kemudian gunakanlah untuk berkumur secara teratur 2 kali sehari. 

Nah, itulah diatas beberapa cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang, dan gusi bengkak akibat panas dalam. Silahkan dicoba beberapa pengobatan diatas dan semoga segera sembuh

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔