Cara Agar Gusi Tetap Sehat

09.30
Cara agar gusi tetap sehat - Saat Anda berusaha menjaga kesehatan mulut, maka satu hal yang tak boleh luput dari perhatian kita adalah terkait kesehatan gusi. Hal tersebut dikarenakan gusi memiliki peranan penting dalam mendukung terciptanya kesehatan gigi dan mulut. Gusi menjadi pintu utama bagi masuknya bakteri menuju tulang penyangga yang berada di sekitar akar gigi.

vitamin untuk gusi sehat, cara merawat gusi yang rusak, buah yang baik untuk gusi bengkak, cara merawat gusi turun

Menjaga kesehatan gusi merupakan hal yang sangat penting. Penelitian World Health Organization (WHO) menyebutkan, 1 dari 2 orang dewasa di dunia mengalami ganguan peradangan gusi. Peradangan tersebut apabila tidak diatasi akan mengakibatkan gigi mudah tanggal dan memunculkan ganguan kesehatan mulut yang lebih berbahaya.

Vitamin untuk Gusi Sehat

Cara agar gusi tetap sehat, bisa dengan banyak hal, salah satunya dengan  mencukupi semua kebutuhan vitamin yang dibutuhkan gusi. Nah, berikut adalah beberapa vitamin untuk gusi sehat yang sebaiknya Anda perhatikan:

1.    Vitamin A
Vitamin A merupakan vitamin yang cukup penting untuk membantu proses terbentuknya jaringan ikat di dalam tulang lunak yang berada di gusi. Pembentukan jaringan tersebut nantinya dapat memperlancar aliran saliva di dalam mulut. Kebutuhan vitamin A dapat Anda penuhi dengan mengkonsumsi wortel, sayuran hijau, minyak ikan, ubi jalar, dan sebagainya.

2.    Vitamin B
Di samping vitamin A, Anda juga perlu memenuhi asupan vitamin B untuk menjaga kesehatan gusi. Vitamin B diperlukan guna mencegah sariawan dan peradangan yang terjadi di lidah. Anda dapat mencukupi kebutuhan akan vitamin B dengan mengkonsumsi daging, biji-bijian, sayuran hijau, dan sebagainya.

3.    Vitamin C
Vitamin C juga diperlukan dalam menjaga kesehatan gusi. Vitamin C berguna untuk memperkuat gusi dan membuat gusi tidak mudah terserang bakteri. Proses penyembuhan gusi yang luka juga dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi vitamin C. Jika Anda kekurangan vitamin C, maka Anda akan mengalami peradangan juga pendarahan pada gusi. Asupan vitamin C dapat Anda temukan pada buah beri, jeruk, jambu biji, dan sebagainya.

4.    Vitamin D
Dalam menjaga kesehatan gusi, vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium.Kalsium sendiri memang menjadi elemen penting dalam kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D dalam tubuh harus tercukupi agar gusi Anda tetap kuat dan terhindar dari risiko gangivitis atau radang gusi. Asupan vitamin D ini dapat Anda penuhi dengan mengkonsumsi susu, ikan, telur, dan sebagainya.

5.    Vitamin K
Salah satu penyebab gusi berdarah yakni kurangnya vitamin K di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K karena vitamin ini sangat penting untuk proses pembekuan darah. Ada beberapa bahan makanan yang memiliki sumber vitamin K yang banyak, seperti kedelai, sayuran hijau, dan sebagainya.

Buah yang Baik untuk Gusi Bengkak

Salah satu permasalahan yang akan Anda dapatkan ketika sakit gigi yaitu bengkak pada gusi. Gusi bengkak juga menjadi salah satu indikasi terjadinya peradangan. Gusi bengkak ditandai dengan gusi menjadi kemerahan, mudah berdarah saat menggosok gigi, dan bau mulut menjadi tidak sedap.
Jika Anda mengalami gusi bengkak, maka segera atasi agar tidak menimbulkan infeksi. Terdapat beberapa buah yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Salah satunya yakni buah lemon.

Lemon merupakan buah yang baik untuk mengatasi gusi bengkak. Hal tersebut dikarenakan lemon bersifat antiinflamasi sehingga dapat dugunakan untuk mengobati gusi yang terkena infeksi. Dalam buah lemon juga terdapat kandungan vitamin C yang dapat membantu gusi melawan adanya infeksi.
Buah lemon dapat Anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak dengan dijadikan dalam bentuk pasta. Pertama, buatlah jus lemon. Kemudian, campurkan jus tersebut bersama garam dan buatlah menjadi seperti pasta. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada gusi yang bengkak dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, berkumurlah menggunakan air.

Cara Merawat Gusi Turun

Selain bengkak, gusi juga dapat mengalami penurunan. Anda perlu waspada apabila mengetahui gusi Anda mengalami penurunan. Mengapa? Karena kondisi  gusi yang turun dapat menjadi salah satu indikasi bahwa telah terjadi infeksi yang mulai menyerang jaringan penopang gigi. Penurunan gusi pada akhirnya dapat menjadikan gigi Anda cepat tanggal dan jaringan pada gusi tidak dapat tumbuh lagi. Oleh karena itu, Anda harus secara rajin membersihkan gigi dan mulut setiap hari.

Nah berikut adalah cara merawat gusi turun yang sebaiknya anda lakukan secara rutin di rumah:

1.    Memilih sikat gigi yang tepat
Untuk menghindari terjadinya luka pada gusi, Anda perlu memilih sikat gigi dengan bulu yang halus. Jika Anda memiliki gusi yang sensitif, maka gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang berujung bulat.

2.    Memilih pasta gigi yang tepat
Penurunan gusi dapat disebabkan oleh bakteri. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu membasmi bakteri tersebut. Selain itu, hindari pula menggunakan pasta gigi pemutih. Saat Anda membeli pasta gigi, coba perhatikan RDA atau ukuran kekasaran yang tercantum pada kemasan pasta gigi. Pastikan Anda membeli pasta gigi yang lembut, yaitu pasta gigi yang mengandung kadar RDA di bawah 70. Kadar RDA yang rendah dapat mengurangi risiko terjadinya pengikisan gigi.

3.    Menggosok gigi dengan cara yang tepat
Orang biasanya menggosok gigi secara keras dengan alasan untuk membersihkan rongga mulut hingga bagian paling dalam. Namun, menggosok gigi dengan keras justru dapat merusak gigi dan gusi. Oleh karena itu, Anda perlu memperbaiki cara menggosok gigi tersebut.

Cara tepat menggosok gigi yaitu dengan meletakkan gagang sikat gigi pada posisi 45 derajat terhadap garis gusi. Lalu, tekanlah sikat gigi secara ringan. Pastikan ujung bulu sikat gigi hanya menyentuh gigi saja. Selanjutnya, dengan gerakan melingkar, gosoklah gigi Anda. Jangan menggosok gigi dengan gerakan menyamping.
Saat Anda menggosok gigi, jangan lupakan untuk serta menggosok lidah. Hal tersebut dikarenakan lidah dapat menjadi tempat hidup bakteri. Gosoklah lidah Anda sekitar 30 detik.

4.    Awali menggosok gigi menggunakan sikat gigi kering
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengawali menggosok gigi menggunakan sikat gigi yang kering dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sehat apabila dibandingkan dengan menggunakan sikat gigi basah. Lalu, gosoklah gigi Anda mulai bagian paling bawah hinga semua gigi terasa bersih.

5. Ulangi menggosok gigi namun menggunakan sikat gigi basah
Setelah menggosok gigi menggunakan sikat gigi kering, bilaslah sikat gigi tersebut. Oleskan pasta gigi sebesar biji kacang pada bulu sikat gigi tersebut. Lalu gosoklah gigi Anda sesuai teknik sebelumnya.

6.    Berkumur menggunakan obat kumur
Berkumur menggunakan obat kumur dapat dilakukan selama kurang lebih 30 detik. Kemudian, ludahkanlah air obat kumur tersebut. Guna mendapatkan efek yang positif dari obat kumur tersebut, 30 menit setelah berkumur hindarilah berkumur menggunakan air, makan, ataupun merokok.

Nah, itulah beberapa cara agar gusi tetap sehat yang sebaiknya Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba...

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔