4 Keunikan Lidah Manusia Yang Menakjubkan

18.46
Lidah merupakan salah satu panca indera insan yang memiliki keunikan. Ada empat keunikan pengecap manusia yang selengkapnya akan dijelaskan dibawah ini.

Tanpa lidah, kita tidak akan dapat mencicipi aneka rasa makanan dan minuman, baik yang rasanya enak maupun tidak. Lidah juga berfungsi sebagai penghubung yang mengirim sinyal ke otak kita untuk merespon dan mencicipi aneka rasa. Akhirnya kita dapat makan dan minum dengan semangat ketika makan makanan atau minuman yang enak, dan kita pun menjadi tidak berselera ketika memakan makanan atau minuman yang tidak enak melalui tugas pengecap yang kita miliki.

Selain fungsi utama pengecap yang penting, anda juga harus tahu aneka macam keunikan pengecap insan semoga kita senantiasa bersyukur. Berikut ini beberapa keunikan pengecap insan yang perlu anda ketahui:

Lidah merupakan salah satu panca indera insan yang memiliki keunikan 4 Keunikan Lidah Manusia Yang Menakjubkan

1. Sel yang mengalami regenerasi secara berkelanjutan

Sel pada pengecap insan sangat unik, alasannya sel tersebut tidak berhenti untuk beregenerasi terus-menerus. Lama waktu untuk regenerasi sel pada pengecap berkisar 10-14 hari. Regenerasi sel pada pengecap selalu berkembang dari sel basa menjadi sel rasa. Makara kalau anda makan lalu mencicipi sensasi panas menyerupai memperabukan di lidah, maka tak perlu khawatir proses regenerasi sel terhenti, alasannya makanan panas tidak akan bisa mematikan proses alami regenerasi sel lidah.

2. Benjolan kecil yang sensitif

Lidah insan memiliki benjolan-benjolan yang kecil kalau anda bercermin untuk mengamati indera pengecap. Anda tak perlu khawatir alasannya hal itu bukan tanda-tanda penyakit, tetapi merupakan sesuatu hal yang normal. Dalam istilah medis, nama benjolan kecil yaitu papila. Fungsi papila yaitu sebagai reseptor rasa yang sensitif terhadap rangsangan yang diterimanya. Semua permukaan papila sangat sensitif sehingga anda dapat mencicipi semua rasa yang ada ketika makanan menyentuh papila.

3.Umami

Umami yaitu gurih atau enak dalam bahasa jepang. Istilah ini diberikan untuk pengecap yang dapat mencicipi rasa ke lima setelah rasa manis, asam, asin, dan pahit.

4. Merokok mematikan sensitivitas lidah

Efek negatif merokok untuk kesehatan lidah, salah satunya yaitu mematikan sensitivitas pengecap sehingga pengecap tak dapat mengetahui rasa yang ada untuk dikirimkan ke otak. Dampak jangka panjangnya yaitu rasa tidak nyaman ketika mengecap aneka kuliner dimana orang-orang mencicipi makanan enak namun anda hanya berasa biasa-biasa saja.

Sebagian orang bahkan mempunyai indera pengecap yang sangat super sensitif. Mereka dapat mencicipi rasa manis, pahit, asam, dan asin dengan sangat tajam daripada orang lain.

Demikian empat keunikan pengecap insan yang menakjubkan. Jangan lupa beritahukan ke sahabat perihal keunikan pengecap insan untuk mengembangkan pengetahuan. Untuk menambah wawasan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, senantiasa update pengetahuan anda dengan selalu membaca sakitgigigusi.com
Sumber http://www.sakitgigigusi.com/

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔