Pengertian Pulpa: Ruang Syaraf Vital

14.01
Pengertian Pulpa ialah jaringan terdalam dari gigi, bukan lapisan, tetapi suatu ruangan yang berisi pembuluh darah, syaraf-syaraf, dan ruangan yang lebih kecil atau tepatnya disebut saluran atau kanal. Pulpa merupakan adegan yang vital untuk gigi. Lokasi pula yaitu di tengah dalam gigi, dibawah lapisan dentin dan email gigi.

Mahkota dan akar gigi terdiri dari jaringan-jaringan pulpa yang dibagi menjadi ruang pulpa dan saluran pulpa atau saluran akar. Secara umum, garis tepi dari dari jaringan pulpa sama dengan bentuk garis tepi luar gigi. Bentuk garis tepi dari ruang pulpa sama dengan bentuk dari mahkota, bentuk garis tepi dari saluran pulpa sama dengan bentuk dari akar gigi.

Anatomi Gigi

Berikut fungsi pulpa gigi yakni sebagai berikut:

1. Sebagai Pusat Sensorik

Yang dimaksud sensorik ialah sebagai sentra penanda adanya rangsangan yang mengenai gigi. Rangsangannya meliputi rangsangan suhu panas/dingin, tekanan, nyeri, dan trauma.

Semua rangsangan ini merupakan stimulus bagi syaraf-syaraf yang ada dalam pulpa. Syaraf dalam pulpa ini selanjutnya menentukan apakah stimulus/rangsangan tersebut berpotensi menjadikan rasa sakit atau tidak. Jika menyebabkan rasa sakit maka pulpa mengantarkan rasa sakit tersebut ke otak. Tapi bila tidak tidak sakit maka tidak akan terjadi apa-apa.

2. Sebagai Pusat Perbaikan

Pulpa membantu pembentukan dentin reparatif. Sesuai dengan namanya, dentin reparatif ialah lapisan dentin yang memperbaiki kerusakan biasanya kerusakan di dentin sekunder. Pulpa membentuk lapisan yang mempertebal dentin sekunder dan merestorasi ketebalan dentin yang melapisi ruang pulpa alasannya ialah asalnya dan jaringan pulpa, bukan jaringan dentin. Lapisan ini terbentuk dari dalam ruang pulpa keluar ke arah lapisan dentin.

3. Mensuplai nutrisi

Melalui pembuluh darah yang ada didalamnya, pulpa mensuplai nutrisi kepada gigi maupun ruang pulpa. Selain itu juga dapat menjaga kondisi tetap lembab dan berpengaruh dari segala potensi yang dapat melemahkan fungsi pulpa.

Seluruh kelainan pada gigi menyerupai nyeri, berdenyut, dan lain-lain merupakan reaksi awal pulpa yang sedang mengalami peradangan (pulpitis). Jika duduk perkara ini tidak ditangani secara cepat maka pulpitis dapat berlanjut sampai janjkematian (gangren). Jika pulpa sudah mati, maka perlu perawatan syaraf atau pencabutan gig.

Demikian pengertian pulpa gigi. Semoga anda makin paham ruang syaraf yang memegang tugas penting dalam anatomi gigi. Baca juga sakit gigi gusi.
Sumber http://www.sakitgigigusi.com/

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔